5 Cara Mengenal Hobi Kereta Model

Contoh Layout Cita Rasa Lokal Depo Pondok Labu
  • Menentukan luas ruang
  • Menentukan skala HO atau N
  • Menentukan bentuk dan tampilan layout track
  • Menentukan model USA atau Euro, jenis lok dan gerbong
  • Menentukan system kendali.
  1. Luas Ruang :

Mengukur dengan baik luas ruang yang akan digunakan sangat penting. Karena keberadaan meja layout juga menjadi penentu baik tidaknya tata ruang di dalam rumah. Tampilannya juga harus memikat, mudah dilihat, dijangkau, dirawat dan dioperasikan. Disarankan untuk ketinggian meja memakai ukuran setinggi pusar orang dewasa. Sehingga didapat sudut pengendalian kereta model yang nyaman & tepat serta tidak terjangkau oleh tangan anak kecil (dibawah 6 tahun)

  1. Skala HO atau N

Sedari awal, bisa diperkirakan ukuran meja layout yang akan dibuat dengan melihat ketersediaan ruangan yang nanti akan dipakai. Dari ukuran luas ruang tersebut, penggunaan kereta model sesuai skala dapat ditentukan. Bisa menggunakan skala HO dengan perbandingan 1 : 87 atau skala N yang berbanding 1 : 160 dari kereta aslinya. Tentu saja, penentuan ini dengan segala konsekuensinya.

Misalnya : tampilan layout menjadi terbatas dan lain sebagainya untuk ruangan yang tidak cukup luas. Sebaliknya, tidak akan bermasalah bila luas ruangannya memadai.

Ad3. Layout Track : Rancang bangun layout track harus dipertimbangkan matang sebelum diputuskan. Bentuk layout track berpengaruh pada :

  1. asal model, jenis lok dan gerbong yang melintas di atasnya.
  2. bentuk dan model aksesori miniatur bangunan yang akan digunakan.
  3. nuansa yang akan dihadirkan di atas meja. Nuansa inilah yang akan menentukan tampilan pribadi hobiesnya. Bila industriawan, nuansanya akan condong ke suasana kesibukan di area pabrik dan lain sebagainya.
  4. besar kecilnya anggaran yang diperlukan.

Ad4. Model USA dan Euro : Kereta model USA dan Euro inilah yang umum digunakan hobies di seluruh dunia, baik di skala HO atau N. Mana yang dipilih, semuanya memiliki konsekuensi pada :

  1. bentuk layout track yang dapat dilintasinya dengan baik dan tidak.
  2. besar kecilnya anggaran yang diperlukan.

Ad5. System kendali : Ada dua system yang digunakan saat iniย  : digital dan konvensional. System ini harus ditentukan sejak awal karena sangat berpengaruh pada penataan dan penggunaan piranti elektronik pendukung pada layout track yang tentunya โ€“ juga pada anggaran yang dibutuhkan.

  1. System digital : dapat mengendalikan locomotive secara individual. Memberikan perintah perintah untuk memfungsikan bel, sound efek, mati hidupkan lampu dan menghidupkan atau mematikan smoke generator.
  2. Konvensional : mengendalikan locomotive sebagaimana gerak arus listrik dari transformator. Pengendalian secara individual hanya bisa dilakukan dengan system cut of pada arus listrik dalam layout track.

Khusus di skala HO, ada dua system catu daya listrik : AC dan DC system.

  1. AC system ditandai dengan bentuk dan tampilan rel yang terdiri dari tiga jalur. Dua jalur di kiri kanan untuk menghantarkan listrik ber arus negatif dan satu jalur ditengah untuk menghantarkan arus listrik positif. Tampilan bagian bawah tengah lokomotivenya ditandai dengan adanya pick up shoe.
  1. DC system ditandai dengan bentuk dan tampilan rel yang terdiri dari dua jalur saja. Jalur kiri untuk menghantar arus listrik negatif dan jalur kanan untuk positif. Atau sebaliknya. Lokomotive menyerap arus listrik positif dan negatif dari dua roda di kiri kanannya saja.
Advertisements

19 thoughts on “5 Cara Mengenal Hobi Kereta Model

  1. Yth. Mas Dhion,

    Saya sudah mulai kesengsem pengen punya miniatur kereta api. Setiap hari di benak saya dipenuhi pikiran tentang hal itu.
    Hanya untuk langkah awalnya saya masih banyak menemui kesulitan.
    Misalnya gini, yang harus dibuat/diadakan itu apanya dulu ? Kereta2nya dulu atau diorama/layoutnya dulu ? Kalau mau bikin layoutnya dulu, gimana merangkai jaringan track/relnya. Soalnya menurut saya, bikin tracknya itu sendiri kan juga perlu kecermatan dan ketelitian yang baik. Maksud saya, jangan sampai nanti jika dibuat diorama jadi gak nyambung. Terus lagi, rel yang posisi menikung/belokan, cara ngaturnya gimana. Lagi, untuk wesel rel, apa yang harus jadi acuan ? Apakah memang sudah ada yang jual bentuk rel yang menikung, atau harus buat/merancang sendiri ?
    Kalau membeli relnya, apa saja yang harus diperhatikan ?
    Apakah jika dalam skala yang sama tiap rel dari pabrikan yang berbeda, bisa digunakan satu sama lain ?
    Okey itu dulu yang ingin saya sampaikan. Makasih atas tanggapan mas Dhion.
    Oh ya, saya ingin punya kereta miniatur di skala HO.

  2. Yth. mas Dion

    krn masih katrok dlm hal ini, saya mau tanya, apa bisa kereta yg model digital dicampur dgn yg konvensional dlm satu track? trus kereta yg model AC dicampur dgn yg model DC apa jg bisa jalan? Oh ya, jika ingin buat/merencanakan layout hrus beli keretanya dulu atau rel2nya dulu? terimakasih, semoga berkenan untuk menjawab.. ๐Ÿ™‚

  3. @ Andy :

    1.Dicampur digital dan analog dalam 1 track enggak bisa.
    Lebih-lebih kalau kereta digital ditaruh ditrack analog.
    Bisa terbakar tuh dekodernya.Karena beda voltase.

    2.AC dicampur DC enggak bisa dong.

    3.Jika ingin membuat layout,tentunya harus mempunyai
    kereta dan rel-relnya. Bisa dimulai dari membeli starter set
    terlebih dahulu.

    CMIIW semoga membantu

  4. kalo loko digital di pasang di analog bisa jalan kok, tapi kalo analog di pasang pake kontroler digital baru kebakar….

  5. Mas Dhion selain marklin untuk tipe HO startersetnnya punya merk apalagi berikut harganya, tolong informasinya.

  6. mas dion, kemarn aq ditawarin stater set merek Athearn( HO ) konvensional, yg saya tanykan di jalankan ma merek Frateschi di satu rel sistim cut off bisa ap tdk, ap bisa terbakar jga, makasih

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s